Jumat, 03 Juni 2011

Kue Cucur Khas Pontianak, Masa Sih?!


Sedang berselancar bersama om Google, saya menemukan artikel yang menarik di http://ofajar88.wordpress.com

Artikel tersebut membahas tentang aneka kuliner khas Pontianak dan ditulis oleh (kayaknya sih..) orang Pontianak juga. Yang membuat saya kaget, Kue Cucur juga disebut termasuk kuliner khas Pontianak.

Ciri-cirinya sih memang persis seperti Kue Cucur yang ada di Pontianak. Berwarna cokelat, bulat dengan pinggiran yang bergerigi dan mirip seperti dorayakinya Doraemon. Hanya saja... (*sedikit malu juga sih mengakuinya) saya sendiri nggak tahu kalau Kue Cucur itu khas Pontianak!

Malah menurut saya Kue Cucur itu Made In Java. Soalnya kebanyakan yang jual Kue Cucur di pasar tradisonal Pontianak adalah Mbok-mbok Jawa. Jadi saya kira Kue Cucur itu sama dengan Gethuk atau Cenil yang meskipun banyak dijual di Pontianak tapi resepnya ‘diimpor’ dari Jawa sana. Sampai saat tulisan ini ditulis pun, saya tetap nggak yakin Kue Cucur itu asalnya dari mana (tetep dari Jawa deh kayaknya..)

Tapi kalau memang itu khas Pontianak, itu membuktikan bahwa jangankan aset budaya nasional, khas daerah kita sendiri saja kita belum mengenalnya dengan baik (Kita?!! Saya aja kali...) Pantas saja aset budaya Indonesia banyak dicuri.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Saya setuju dgnmu Win boleh dong sok akrab, kayaknya sih kue cucur itu bukan kuliner khas Pontianak karena setahu saya bahwa kue tersebut dijual oleh orang2 Jawa dan juga Madura. Betawi juga ada..jadi saya membenarkan pendapat anda. Ty

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes