Minggu, 18 September 2011

Tips Internet Banking, Pilih LLG atau RTGS?

Untuk anda yang menggunakan internet banking mungkin pernah mengalami saat-saat dimana anda harus melakukan transfer antar bank. Tentu, kalau boleh memilih, siapapun pasti lebih senang bertransaksi dengan rekening bank yang sama. Tidak ribet dan uang lebih cepat diterima. Tapi kalau anda seorang pelaku bisnis tentunya anda tidak dapat memilih dengan siapa anda bertransaksi bukan?
Salah satu hal yang membingungkan saat akan melakukan transfer ke rekening bank tujuan adalah saat anda harus memilih LLG atau RTGS.
Mungkin beberapa dari kita, termasuk saya pada awalnya, hanya sembarangan memilih. Tanpa diketahui, bahwa pilihan tersebut mempengaruhi lamanya proses pengiriman uang tersebut ke rekening tujuan dan saldo akhir rekening kita. Jadi, jangan asal pilih.
LLG adalah Lalu Lintas Giro, yaitu mekanisme tranfer antar bank dengan menggunakan fasilitas kliring. Sedangkan RTGS adalah real time gross settlement, yaitu mekanisme tranfer antar bank secara real time, sehingga langsung masuk kedalam rekening penerima.
Kesimpulannya, bila ingin tranfer antar bank dan butuh cepat, sebaiknya gunakan RTGS. Sebaliknya jika anda tidak begitu terburu-buru gunakanlah LLG.
Karena apa? karena setahu saya, di BCA biaya yang dikenakan untuk layanan RTGS adalah dua puluh ribu rupiah. Lumayan mengurangi saldo kan? Apalagi kalau yang ditransfer cuma lima belas ribu rupiah. Alamat berat di ongkos.. :)

Salam Cermat,
Wiwin Oktavianti

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes