Kamis, 29 September 2011

Jualan atau Cerita?

Setelah melewati masa-masa dilematis 'mau diapakan blog ini?' sekarang saya kembali dihadang pertanyaan yang -setidaknya bagi saya- cukup membingungkan. Blog ini, apakah bersifat komersial ataukah lebih cenderung ke blog pribadi? Kalau dibilang blog pribadi, mengapa saya berjualan di blog ini? Saya bahkan menaruh tata cara pemesanan dan pembayaran di halaman muka. Tetapi kalau ini dikatakan blog komersial, mengapa banyak tulisan saya yang tidak ada sangkut pautnya dengan barang dagangan saya. Bahkan -harus diakui- saya lebih banyak menulis hal remeh-temeh seputar pengalaman pribadi saya.

Hmm, bagaimana ya cara menjelaskannya? Saya memang seorang penjual. Dulu sebelum saya mempunyai website, saya menggunakan blog ini sebagai pendukung utama bisnis online saya. Tapi belakangan ini, saya merasa lebih enak kalau saya menulis sesuatu tanpa harus berjualan di dalamnya. Rasanya risih sekali harus memberikan tips-tips tapi ujung-ujungnya saya mempromosikan suatu barang. Saya yakin beberapa pembaca, mungkin termasuk anda, merasa 'gubrak' ketika membacanya. Ketahuilah, bukan hanya anda, tapi saya juga.

Sedangkan ketika saya menulis omongan ngelantur saya, saya merasa lebih rileks. Saya tidak perlu lagi mereka-reka kalimat apa ya yang kira-kira akan menggiring seorang pembaca menjadi pembeli potensial. Saya bebas berbicara tentang apa saja, bukan hanya mengenai produk yang saya jual. Saya lepas dalam menceritakan apa yang terlintas dalam pikiran saya. Ini tidak lantas berarti saya berhenti menjadi seorang penjual, bukan begitu. Saya hanya ingin menunjukan bahwa inilah saya; Wiwin Oktavianti, owner Milyuner Store dan inilah yang saya pikirkan, inilah aktivitas saya dan inilah hidup saya. Saya, sama seperti kebanyakan orang lainnya, adalah orang biasa yang ingin sekali berbagi cerita.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes